Bahan kimia yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Ketika pergi ke kolam renang tentunya Anda sudah tidak asing dengan bau kaporit. Namun saat ini kaporit tidak hanya digunakan untuk keperluan kolam renang saja. Sumur juga perlu dibersihkan dengan menggunakan kaporit. Berikut manfaat penggunaan kaporit untuk sumur.

Apa itu Kaporit?

Dalam beberapa penelitian sudah dibuktikan bahwa penggunaan kaporit ini mampu menghilangkan konsentrasi amonium yang ada pada air kolam renang. Dipilihnya kaporit sebagai desinfektan limbah cair karena klorin yang ada pada kaporit terbilang sangat efektif untuk inaktivasi patogen serta bakteri indikator lainnya. 

Baca Juga: Yuk Simak 7 Komponen Rekomendasi Bathroom Fitting Terbaik untuk Kamar Mandi Minimalis

Selain itu, pemilihan kaporit dilakukan juga karena harganya yang terbilang lebih murah, stabil serta mudah larut dalam air. Umumnya dibutuhkan waktu 4 jam untuk bisa menggunakan kembali air yang ditambahkan kaporit. Kalsium Hipoklorit atau yang biasa disebut sebagai kaporit ini memang dikenal sebagai jenis desinfektan yang memiliki kandungan lebih dari 70% klorin.

Namun perlu dipastikan bahwa penggunaan kaporit ini mengikuti standar ketentuan yang berlaku atau disesuaikan dengan hasil BPC atau Break Point Chlorination. BPC memang digunakan dengan tujuan untuk menentukan jumlah optimal klor agar bisa bereaksi pada zat organik, amonia dan logam yang diperlukan untuk mendesinfeksi air dalam wadah melalui proses reaksi.

Apabila jumlah klorin yang ditambahkan lebih sedikit dari hasil yang diperoleh maka manfaat penggunaan kaporit untuk sumur tidak begitu terlihat. Dengan begitu maka mikroorganisme yang ada dalam air tidak akan bisa berkurang sepenuhnya. Namun jika klorin yang ditambahkan terlalu banyak justru akan menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Gatal tersebut bisa terjadi karena reaksi dari kalsium hipoklorit yang berlebihan sehingga menyebabkan bau fenol yang sangat menyengat. Berikut adalah beberapa manfaat yang ditimbulkan dari penggunaan kaporit pada sumur.

Manfaat kaporit untuk sumur

1. Membunuh bakteri dan kuman

Banyaknya kontaminasi bahan kimia serta bakteri yang terjadi pada air sumur justru menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan pembersihan antibakteri. Klorin dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab penyakit pada sumur serta kolam renang sehingga bisa lebih akan digunakan. Cara kerja klorin sama dengan mendisinfeksi kolam renang untuk setiap liter air kita menambahkan 1 hingga 2 gram klorin.

2. Membunuh alga dan lumut

Banyak juga masyarakat yang memanfaatkan kaporit ini untuk dijadikan alat pembunuh alga dan lumut. Dapat dipastikan bahwa semua keperluan rumah tangga akan air bersih bisa terpenuhi dengan menggunakan bantuan kaporit ini.

3. Mencegah pertumbuhan bakteri

Perlu diketahui bahwa kaporit bisa dimanfaatkan untuk membunuh bakteri, jamur, dan virus yang ada dalam air. Dengan pencegahan ini tentunya air akan lebih baik dan berkualitas. 

4. Meningkatkan kualitas air sumur

Manfaat penggunaan kaporit untuk sumur berikutnya yaitu untuk meningkatkan kualitas air. Kalsium hipoklorit atau klorin yang menggunakan rumus kimia Ca(OCL)2) dikenal sebagai jenis bahan desinfektan namun digunakan oleh banyak orang untuk pembersih dan juga penjernih air sumur. 

Fakta yang perlu diketahui oleh masyarakat bahwa kondisi air yang memiliki sedikit bau kaporit dianggap lebih aman dibandingkan dengan air yang tidak berbau kaporit sama sekali atau mengeluarkan bau busuk. Klorin yang ada dalam kaporit memang paling umum digunakan untuk membunuh kuman, bakteri, serta virus yang ada pada air. 

Jenis kaporit ini bisa diandalkan untuk mengatasi air yang bersumber dari sumur bor, sungai ataupun sumur gali. Memang penggunaan klorin dianjurkan hanya untuk tujuan desinfeksi air sungai karena banyaknya kuman berbahaya yang ditemukan dalam air.

Baca Juga: Rekomendasi dan Tips Memilih Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus

Cara Menggunakan Kaporit untuk Sumur

Dosis kaporit yang paling umum digunakan yaitu 1 sendok makan per 1000 liter air. Dosis tersebut merupakan merupakan standar aman yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang. Cara yang paling benar untuk menggunakan kaporit ini yaitu dengan mengencerkannya tersebih dahulu dan kemudian menambahkannya ke dalam air. 

Jangan tambahkan kaporit dalam jumlah dosis takaran tersebut secara langsung ke dalam tangki air. Anda bisa melarutkannya pada 1 sendok teh kaporit ke dalam 5 liter air dan kemudian aduk merata. Setelah kaporit benar benar larut maka Anda bisa menuangkannya ke dalam tangki air. 

Apabila kondisi air yang akan disaring sangat buruk, Anda bisa menambahkan penggunaan kaporitnya. Takaran yang bisa dicoba yaitu dengan menggunakan 2 sendok makan kaporit untuk 1000 liter air. Setelah itu Anda perlu memperhatikan perubahan yang terjadi.

Jika kondisi airnya sudah sesuai dengan kebutuhan maka bisa mulai memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari hari. Namun jika kondisi airnya kotor maka air tersebut tidak layak digunakan dan lebih baik tidak digunakan. Hindari penggunaan kaporit yang berlebihan karena justru akan membahayakan kesehatan. Pastikan Anda menerima manfaat penggunaan kaporit untuk sumur dengan baik.

Penambahan klorin pada air sungai yang akan digunakan menjadi air bersih memang terbukti efektif dalam mengubah sifat air menjadi lebih bersih dan aman. Memang jika diperhatikan, rata – rata air sungai sekarang sudah sangat tercemar. Oleh karena itu, dengan membersihkannya menggunakan kaporit membuat air menjadi lebih layak digunakan.

Kesimpulan

Dalam artikel diatas kita telah membahas cara pentingnya menjaga kualitas air sumur Anda. Bagaimana kita bisa memastikan bahwa air yang mengalir melalui kran kita tetap bersih dan aman untuk digunakan? Inilah mengapa memperhatikan perlengkapan seperti kran air, valve air, pelampung air otomatis, dan perlengkapan plumbing lainnya sangat penting untuk menjaga air dari sumur tetap terjaga kualitasnya. Dengan perangkat berkualitas, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan kaporit Anda dan memastikan bahwa air sumur Anda selalu segar dan aman. Jadi, selain menggunakan bahan penjernih air yang tepat, jangan lupakan peran perangkat kritis ini dalam menjaga kualitas air Anda. Temukan pilihan terbaik untuk peralatan air Anda dan nikmati manfaatnya untuk kesehatan dan kenyamanan keluarga Anda. Cek produk perlengkapan kamar mandi dan plumbing terbaik hanya di UNNU.