Peralatan dapur yang sering dibersihkan akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Oleh karena itu, setiap rumah tangga sebaiknya mengetahui langkah yang tepat untuk mencuci berbagai peralatan ini. Apalagi peralatan yang bersih akan lebih sehat digunakan. Dalam hal ini, langkahnya meliputi flushing dan lain-lain. Flushing adalah proses pengguyuran, lebih lanjut bisa Anda simak ulasannya berikut.

Langkah-Langkah Mencuci Peralatan Makan dan Masak

Scraping

Langkah mencuci peralatan makan dan masak dimulai dengan scraping, ini adalah tahap memisahkan sisa-sisa makanan serta kotoran pada peralatan yang hendak dicuci. Menghilangkan berbagai kotoran yang menempel di sana akan membuat Anda lebih mudah membersihkannya.

Baca Juga: Dapur Bersih dan Dapur Kotor: Memahami Perbedaannya

Flushing

Tahap berikutnya yaitu flushing, seperti yang telah disinggung di awal bahwa flushing adalah proses pengguyuran. Tahap ini dilakukan dengan cara mengguyur air di atas peralatan makan dan masak supaya bersih dari noda. Jadi pastikan Anda memiliki sistem air yang baik pada wastafel supaya lebih mudah saat membersihkannya.

Soaking

Setelah diguyur dengan air, Anda bisa merendam peralatan makan dan masak tadi pada bak atau wadah yang sudah berisi air. Tahap ini opsional, bisa dilakukan apabila sisa makanan yang menempel pada peralatan dapur sudah mengeras sehingga tidak bisa langsung hilang hanya dengan flushing.

Washing

Washing adalah tahap menggosok permukaan peralatan dapur menggunakan bahan pembersih dan spons, sehingga semua kotoran maupun bakteri yang masih menempel benar-benar hilang. Dilanjutkan dengan pembilasan untuk menghilangkan sisa bahan pembersih, dan pensanitasi untuk meyakinkan bahwa peralatan dapur sudah bebas mikroorganisme.

Tips Membersihkan Peralatan Makan dan Masak

Membersihkan peralatan makan dan masak merupakan hal yang penting untuk mencegah berkembangnya bakteri. Jadi Anda perlu memastikan bahwa peralatan yang dicuci memang benar-benar sudah bersih sebelum dapat digunakan kembali. Tipsnya yaitu gunakan sabun cuci piring yang sesuai untuk membersihkannya.

Gunakan sabun yang dapat membersihkan kotoran sisa makanan dan minyak dari permukaan peralatan dapur. Anda bisa mengisi bak pencuci piring dengan sabun dan air hangat untuk merendamnya peralatan terlebih dahulu. Tujuannya yaitu supaya kotoran dan minyak pada permukaan peralatan tersebut bisa lebih mudah diangkat.

Jadi bukan hanya flushing, yang mana flushing adalah tahap mencuci dengan mengguyur peralatan dapur menggunakan air. Tapi Anda juga perlu merendamnya selama beberapa saat supaya lebih mudah dibersihkan. Dan gunakan spons yang lembut untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih ada.

Pastikan Anda membersihkan dengan seksama, termasuk bagian paling sulit dijangkau sekali pun. Baru kemudian peralatan makan bisa dibilas sampai bersih, serta jangan lupa keringkan menggunakan lap bersih sebelum digunakan. 

Dampak yang Ditimbulkan Akibat Peralatan Dapur Kotor

Peralatan dapur yang kotor tidak boleh dianggap remeh. Apalagi Anda menggunakannya hampir setiap hari untuk masak maupun makan. Dimana ada berbagai dampak negatif yang dapat ditimbulkan apabila tetap memakai peralatan dapur yang kotor.

Di antaranya yaitu peralatan dapur menjadi tempat berkembang biaknya bakteri sehingga menyebabkan bau, menyebabkan turunnya kualitas dan mutu makanan hingga dapat mengakibatkan keracunan, serta membuat peralatan dapur tersebut menjadi mudah rusak dan berkarat. 

Alat Dapur yang Harus Diganti Berkala

1. Spons Cuci Piring

Terdapat beberapa peralatan dapur yang harus diganti secara berkala meskipun Anda sudah mencucinya secara rutin. Salah satunya yaitu spons cuci piring yang berfungsi untuk membersihkan berbagai peralatan lainnya. Karena spons lama kelamaan akan dipenuhi oleh kotoran dan bakteri, sehingga tidak higienis lagi untuk digunakan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah, Intip Tipsnya Berikut!

2. Panci yang Terkelupas

Setelah digunakan selama jangka waktu tertentu, panci mungkin mulai mengelupas sehingga harus diganti. Jika tidak, maka lapisan panci yang terkelupas berisiko bercampur dengan makanan ketika Anda menggunakannya untuk masak. Idealnya, panci memang diganti secara berkala setiap 3-5 tahun sekali.

3. Talenan yang Sudah Tergores Banyak

Bukan hanya panci, namun talenan juga termasuk sebagai alat dapur yang harus diganti secara berkala. Karena sering bersentuhan dengan mata pisau yang tajam akan membuatnya penuh goresan. Lama kelamaan, goresan-goresan ini bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri apabila dibiarkan.

4. Kain Lap

Di dapur pasti selalu ada kain lap untuk membersihkan kitchen set maupun kompor dari percikan minyak, tumpahan air, dan lain sebagainya. Jika lap mengeluarkan bau tidak sedap, maka itu tandanya Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Lainnya

Peralatan Pengolah Makanan 

Beberapa peralatan dapur untuk masak punya cara tersendiri dalam membersihkannya. Seperti alat dapur berbahan kayu yang rentan terhadap jamur dan bakteri meskipun lebih aman karena tidak menimbulkan karat. Contoh cobek kayu, Anda dapat menggosoknya menggunakan garam untuk membersihkan kuman yang menempel.

Peralatan Elektronik

Begitu pula dengan peralatan elektronik di dapur seperti blender yang dapat digunakan untuk membuat jus maupun menghaluskan bumbu. Untuk membersihkan peralatan seperti ini, Anda dapat menggunakan campuran sabun dan air panas. Kemudian gunakan spons untuk menggosoknya secara perlahan supaya kotoran terangkat.

Gunakan Kran Dapur Berkualitas dari UNNU untuk Menjaga Kualitas Air untuk Membersihkan

Kran dapur merupakan salah satu perlengkapan dapur yang paling penting. Selain untuk mengalirkan air, kran dapur juga berfungsi untuk mengatur suhu air. Oleh karena itu, penting untuk memilih kran dapur yang berkualitas untuk menjaga kualitas air untuk membersihkan perlengkapan dapur.

Kran dapur berkualitas dari UNNU terbuat dari bahan-bahan yang tahan lama dan tidak mudah bocor. Kran dapur UNNU juga dilengkapi dengan cartridge dari bahan yang berkualitas sehingga  dapat menghasilkan aliran air yang stabil dan konsisten. Dengan menggunakan kran dapur berkualitas dari UNNU, Anda dapat memastikan bahwa perlengkapan dapur Anda terbebas dari kotoran dan bakteri.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Kran Dapur KT06 berkualitas dari UNNU untuk membersihkan perlengkapan dapur:

  • Menjamin kualitas air yang bersih dan jernih
  • Menggunakan cartridge berbahan kuningan berkualitas tinggi
  • Bagian leher kran dapat digerakkan ke kiri dan ke kanan
  • Menghasilkan aliran air yang kuat dan stabil
  • Mudah dibersihkan dan dirawat
  • Tahan lama dan tidak mudah bocor

Dengan menggunakan kran dapur berkualitas dari UNNU, Anda dapat membersihkan perlengkapan dapur dengan lebih mudah dan efisien. Selain itu, Anda juga dapat menjaga kualitas air untuk membersihkan perlengkapan dapur agar terbebas dari kotoran dan bakteri.

Sudah tahu bukan langkah-langkah membersihkan peralatan dapur yang tepat ? Terapkan cara membersihkan peralatan makan dan masak Anda  setiap hari supaya peralatan dapur  lebih awet. Selain itu, jangan lupa ganti beberapa peralatan secara berkala untuk menjaga kehigienisannya.