Bagi sebagian orang, mandi menggunakan air bukan hanya sekedar keinginan, melainkan sebuah kebutuhan. Oleh karena itu, water heater dapat menjadi solusi pemanas air kamar mandi modern yang memungkinkan Anda untuk mandi menggunakan air hangat dengan lebih efisien. Apa itu water heater dan apa manfaatnya ? Yuk simak lebih lanjut ulasannya berikut ini.

Apa Itu Water Heater ?

Sesuai dengan namanya, water heater merupakan alat yang dapat digunakan untuk memanaskan air. Alat ini dapat digunakan untuk keperluan kamar mandi, sehingga memungkinkan Anda untuk mandi air hangat kapan saja tanpa harus repot merebus air secara manual di atas kompor.

Baca Juga: Stainless Steel: Penerapan Baja Nirkarat dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain untuk keperluan mandi, air hangat yang dihasilkan dari water heater juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya seperti mencuci pakaian atau membersihkan peralatan dapur. Sebab beberapa pakaian dan peralatan dapur, memang perlu dicuci menggunakan air panas untuk menghilangkan bakteri yang menempel di permukaan.

Untuk mempermudah pemakaiannya, beberapa pemanas air kamar mandi dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang canggih. Mulai dari sistem pengaman lengkap untuk mencegah terjadinya korsleting, pengaturan timer, serta pengaturan suhu. Jadi pemakaian water heater semakin efisien, dimana air panas dapat disimpan agar selalu tersedia setiap saat ketika dibutuhkan.

4 Jenis Water Heater Pemanas Air Kamar Mandi

1. Water Heater Listrik

Secara umum, water heater memiliki 4 jenis. Yang pertama ada water heater listrik atau electric water heater yang menggunakan energi listrik sebagai sumber pemanasnya. Jenis ini bisa dibilang yang paling umum digunakan di rumah – rumah maupun apartemen, sebab instalasinya mudah bisa di mana saja dan begitu praktis saat digunakan.

2. Water Heater Gas

Selain menggunakan listrik sebagai sumber pemanas, water heater juga dapat memanfaatkan gas seperti elpiji maupun gas alam sebagai energi untuk memanaskan air. Water heater seperti ini dapat Anda pertimbangkan apabila ingin lebih hemat, karena biaya operasionalnya cenderung lebih terjangkau dari jenis sebelumnya.

3. Water Heater Solar

Pemanas air kamar mandi jenis solar menggunakan energi dari sinar matahari untuk memanaskan air. Jadi biasanya jenis ini dipakai pada wilayah yang memiliki intensitas paparan matahari tinggi. Anda bisa menemukannya di pasaran yang tersedia untuk kebutuhan komersial maupun rumah tangga.

4. Water Heater Heat Pump

Berikutnya ada water heater heat pump yang memanfaatkan panas freon dari AC. Jika biasanya panas freon dari AC dibuang, maka ini akan dialirkan ke heat exchanger dan digunakan untuk memanaskan air di tangki. Jenis seperti itu sering dipakai untuk kebutuhan komersial seperti di hotel dan guest house.

Manfaat Menggunakan Water Heater

Bukan tanpa alasan kenapa water heater saat ini semakin mudah ditemukan di kamar mandi modern pada rumah – rumah warga. Pasalnya water heater menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya. Tidak hanya dapat digunakan untuk mandi saja, namun Anda juga bisa memanfaatkannya untuk keperluan mencuci pakaian dan mencuci piring.

Dengan adanya water heater, maka air panas akan tersedia setiap saat untuk berbagai kebutuhan tersebut. Tidak perlu repot lagi memanaskan air secara manual di atas kompor. Sangat praktis bukan? Dimana Anda hanya perlu membuka kran, maka air panas pun akan langsung mengalir. Apalagi mandi dengan air hangat dipercaya dapat membantu meredakan kram pada otot dan sendi.

Bagian-Bagian Water Heater dan Alat Pendukungnya 

Water heater pemanas air kamar mandi terdiri atas beberapa bagian yang mendukung proses penyiapan air panas. Di antaranya ada tangki bagian dalam sebagai wadah penampungan air panas, isolasi panas di sekeliling tangki yang menjaga panas air tidak mudah keluar, serta pipa saluran air panas dan dingin yang akan mengalirkan air ke dalam bak mandi.

Kemudian ada pula beberapa bagian lainnya yang tidak kalah penting meliputi thermostat, elemen pemanas air, katup pengaman tekanan, katup buang, serta batang anoda untuk menjaga tangki supaya tidak terjadi korosi. 

Baca Juga: Hindari Boros! Yuk Kenali Cara Pasang Pelampung Tandon Air yang Benar!

Selain itu, Anda perlu menyiapkan beberapa alat pendukung supaya air panas yang dihasilkan oleh water heater dapat mengalir dengan baik. Seperti kran air mixer panas dingin yang memungkinkan Anda untuk menggunakan air panas maupun dingin bergantian sesuka hati. Juga hand shower, jadi mandi pun lebih nyaman tanpa harus repot memakai gayung. Sehingga dengan menggunakan Kran air mixer panas dingin dan hand shower berkualitas dari UNNU sangat disarankan dalam membuat alat pemanas air kamar mandi.

Cara Merawat Water Heater

Karena sudah menjadi alat yang esensial bagi kamar mandi di rumah, tentu akan repot jika water heater mengalami kerusakan. Jadi pastikan Anda merawatnya dengan baik, caranya yaitu pastikan semua bagian dan alat pendukung water heater dalam kondisi yang bagus. Setidaknya perawatan perlu dilakukan setahun sekali supaya awet.

Anda juga dapat mengganti magnesium anoda yang berfungsi melindungi perangkat dari karat dan korosi secara berkala. Lalu selalu hubungkan water heater dengan sumber listrik jika Anda menggunakan water heater electric. Dengan begitu, maka performa pemanas air kamar mandi yang dimiliki bisa lebih terjaga.

Belum pakai water heater di rumah ? Yuk mulai pakai sekarang untuk menghadirkan waktu mandi yang lebih nyaman dan menyenangkan. Anda bahkan dapat menggunakan air panas dari water heater untuk berbagai kebutuhan lainnya. Jangan lupa gunakan peralatan pendukung seperti kran mixer dari UNNU, supaya pemakaian water heater semakin optimal.