Punya rumah mungil memang perlu ditata setiap ruangannya agar lebih efektif dan praktis. Sebab, penataan yang tepat ialah kunci kenyamanan rumah untuk ditinggali. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan melakukan berbagai kegiatan untuk dilakukan dalam suatu ruangan. Anda dapat menerapkan desain ruang cuci jemur lantai 2 sebagai berikut.

Desain Ruang Cuci Jemur Lantai 2 Bergaya Minimalis

Ruang cuci sudah menjadi salah satu ruangan yang wajib ada di dalam rumah karena keberadaannya sangat membantu dalam kegiatan mencuci baju. Pakaian yang sudah dipakai dapat dicuci sekaligus disimpan dengan rapi disini sehingga tidak membuat ruangan lainnya terlihat berantakan.

Baca Juga: Mengenal Water Heater: Solusi Pemanas Air Kamar Mandi Modern

Anda pun dapat membuat ruang cuci jemur sendiri dengan desain minimalis yang tampak cantik, sederhana dan praktis. Desain ini juga mampu menciptakan kesan bersih pada ruangan. Anda bisa menerapkannya di ruang cuci jemur yang rentan  kotor dan berantakan. Anda hanya perlu menggambar denah ruang cuci jemur dengan detail.

Desain ini memiliki mesin cuci, rak-rak untuk sabun cuci dan pengering yang tertata dengan rapi. Sehingga, luas ruangannya pun tercukupi. Pemilihan furnitur rak dan lemari penyimpanan pun tidak sembarangan karena menggunakan furniture yang berbentuk sederhana dengan gaya minimalis.

Tidak hanya itu, ruang cuci minimalis juga menyediakan jemuran dengan warna serta bentuk yang sederhana. Warna yang digunakan juga tidak mencolok atau berwarna-warni. Biasanya, gaya minimalis memadukan warna putih dan coklat agar ruang cuci seakan-akan menyatu dengan alam. Lukisan dinding juga dapat dipajang untuk mempercantik ruangan.

 

Inspirasi Ruang Cuci Jemur lantai 2 Estetik dengan Atap Transparan

Hal utama yang perlu diperhatikan dari ruang cuci jemur minimalis yakni adanya cahaya serta panas alami. Dengan begitu, ruang cuci tetap nyaman digunakan untuk menjemur baju serta pakaian cepat kering. Selain dari atap yang transparan, Anda juga dapat memanfaatkan cahaya dari kaca jendela yang tembus pandang. Ruang cuci pun tidak akan pengap dan kotor.

 

Desain Ruang Cuci Jemur Semi-Outdoor

Desain ruang cuci jemur lantai 2 yang bisa Anda gunakan yakni desain semi outdoor. Area belakang rumah dapat anda manfaatkan sebagai tempat mencuci pakaian di luar ruangan. Anda hanya perlu melengkapinya dengan atap kanopi sebagai pelindung mesin cuci dari air hujan. Agar aman, anda bisa membuat ruang khusus dengan memanfaatkan pintu geser.

 

Desain Ruang Cuci Jemur Fungsional

Ruangan Anda benar-benar sempit? Desain ruang cuci jemur lantai 2 fungsional dapat Anda jadikan bahan referensi. Dengan desain tirai geser, Anda bisa menyulap ruang laundry menjadi serbaguna, praktis dan sedap dipandang. Perlu dicatat bahwa faktor utama yang mempengaruhi yaitu kerapian barang-barang di rak.

Anda pun tidak perlu khawatir lagi akan kedatangan tamu ke rumah yang mendadak. Sebab, Anda hanya perlu menggeser tirai saja untuk menutupinya. Kini, ada berbagai jenis tirai yang mudah dijumpai di pasaran dengan berbagai desain, ukuran dan model. Anda bisa memilih yang sesuai dengan konsep gaya minimalis ruang laundry anda.

 

Manfaat Ruang Cuci Jemur di Lantai 2

1. Hunian Lebih Rapi

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari ruang laundry lantai 2, seperti membuat hunian lebih rapi. Dengan penataan yang pas dan cocok, ruang laundry pun mampu mendukung kerapian rumah. Anda dapat meletakkan pakaian kotor yang hendak dicuci dengan leluasa di dalam keranjang yang tersedia.

Sebab, jika tidak memiliki ruang laundry, baju-baju kotor pun akan tersebar di setiap ruangan karena tidak memiliki ruangan khusus untuk meletakkannya. Dengan begitu, rumah pun akan terlihat berantakan dan tidak nyaman. Maka dari itu, banyak orang yang lebih memilih memiliki ruang khusus cuci dan jemur di dalam huniannya.

2. Semua Kebutuhan Tersedia di Satu Ruangan

Dengan ruangan cuci jemur, Anda bisa menyimpan berbagai peralatan mencuci mulai dari penjepit pakaian, hanger, deterjen, hingga pewangi sekaligus. Dengan begitu, Anda menghemat waktu karena tidak perlu keluar ruangan untuk mencari peralatan cuci. Kegiatan mencuci pun tidak akan membuang lebih banyak tenaga dan waktu lagi.

Baca Juga: Perbedaan Hand Shower dan Head Shower: Mana yang Lebih Cocok?

3. Mencuci Lebih Mudah

Dengan keberadaan seluruh barang yang dibutuhkan untuk mencuci tersedia di dalam satu ruangan, tentu membuat kegiatan mencuci menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah dengan menghadirkan kran tembok UNNU untuk keperluan mencuci Anda. Anda hanya perlu mengambil detergen atau peralatan mencuci lainnya dengan lebih dekat. Anda pun bisa menggunakan waktu luang untuk melakukan kegiatan lainnya. 

4. Tidak Memakan Banyak Tempat

Biasanya, mesin cuci diletakkan di area dapur atau di dalam kamar mandi yang dapat mengganggu mobilitas. Dengan ukuran cukup besar, mesin cuci akan memakan banyak tepat. Dengan keberadaan ruang cuci jemur, kegiatan mencuci pun tidak akan mengangu ruangan lainnya.

 

Tips Membuat Ruang Cuci Jemur Lantai 2 Minimalis

Ruang cuci jemur lantai 2 merupakan salah satu solusi untuk menghemat lahan di rumah. Dengan menempatkan ruang cuci jemur di lantai 2, Anda dapat memanfaatkan area kosong di lantai atas untuk aktivitas mencuci dan menjemur pakaian.

Berikut adalah beberapa tips membuat ruang cuci jemur lantai 2 minimalis:

  • Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Ruang cuci jemur tidak perlu terlalu luas, cukup untuk menampung mesin cuci, bak cuci, dan tempat menjemur pakaian.
  • Gunakan kran tembok berkualitas. Untuk kebutuhan pencucian, tentunya memerlukan kran tembok untuk menyalurkan aliran air bersih. Dan letakkan stop kontak listrik pada posisi yang aman terhindar dari air untuk keamanan menggunakan mesin cuci.
  • Gunakan material yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Material yang tahan lama akan membuat ruang cuci jemur Anda lebih awet, sedangkan material yang mudah dibersihkan akan memudahkan Anda dalam menjaga kebersihannya.
  • Gunakan floor drain untuk mengalirkan air dari bekas mencuci atau menjemur pakaian. Floor drain akan membuat ruang cuci jemur Anda lebih kering dan bersih. Buatlah saluran air dan perhatikan kemiringan lantai, dan letakan floor drain pada posisi terendah agar air mudah mengalir.
  • Atur pencahayaan dan ventilasi dengan baik. Pencahayaan dan ventilasi yang baik akan membuat ruang cuci jemur Anda lebih nyaman dan sehat.

 

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan desain ruang cuci jemur lantai 2. Anda dapat menggunakan informasi di atas sebagai bahan referensi sebelum melakukan penataan ruangan. Kemudian, Anda pun bisa mendesain ruang laundry idaman Anda.