Ukuran kamar mandi yang tidak ideal tentunya memberikan efek tidak nyaman bagi penggunanya. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan desain dekorasi kamar mandi yang sesuai untuk meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya. Berikut adalah tips dan inspirasi menentukan ukuran kamar mandi ideal untuk rumah minimalis.

Mengukur Luas dan Ruang Tersedia 

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan ukuran kamar mandi yang ideal yaitu dengan mengetahui ukuran luas ruangan yang tersedia. Pengukuran ini nantinya akan membantu Anda untuk bisa menciptakan kamar mandi dengan tata letak yang sesuai dan tetap sesuai dengan fungsinya. Terdapat trik unik untuk bisa mendapatkan ukuran kamar mandi yang ideal.

Baca Juga: Rekomendasi Desain Kamar Mandi Anak yang Aman dan Menarik

Pengukuran perlu dilakukan dengan cermat agar bisa menciptakan dimensi ruang yang tepat. Pertimbangan memang perlu dilakukan untuk menciptakan desain ruangan yang sempurna. Hal ini juga berlaku dalam proses pembuatan dekorasi kamar mandi.

Ukuran Minimalis yang Efisien 

Jika Anda ingin menambahkan toilet, shower dan wastafel dalam satu ruangan kamar mandi maka setidaknya Anda membutuhkan ruangan dengan ukuran 1,5 meter x 2,4 meter. Ukuran ini dianggap sesuai jika hanya digunakan untuk mandi dan buang air. Namun jika ingin menambahkan bathtub maka ukuran kamar mandi yang Anda butuhkan tentunya lebih luas kurang lebih 2 meter x 2 meter.

Kamar Mandi dengan Ukuran 1 x 2 Meter

Untuk ukuran kamar mandi minimalis yang satu ini, Anda sudah bisa menambahkan berbagai peralatan mandi, contohnya adalah bathtub mini dengan ukuran yang tidak lebih dari 1 meter. Selain bathtub berukuran mini, Anda juga bisa menambahkan toilet duduk dengan tombol yang terpasang di dinding agar lebih menghemat ruang.

Jenis toilet duduk ini biasanya bisa ditemukan di area toilet umum pesawat ataupun kereta api. Penggunaan 2 peralatan tersebut tentunya sudah banyak menghemat ruang di kamar mandi. Selanjutnya, Anda juga bisa menambahkan wastafel yang dilengkapi dengan kabinet penyimpanan luas. Penggunaan 3 perlengkapan tersebut masih menyisakan ruang yang cukup nyaman jika disusun dengan tata letak yang tepat.

Memanfaatkan Ukuran 2 x 2 Meter

Selain memilih ukuran 1 x 2 meter, Anda juga bisa memanfaatkan ruangan 2 x 2 meter untuk kamar mandi. Pemilihan warna interior yang cerah seperti putih atau lainya bisa dijadikan pilihan untuk memberikan kesan bersih, luas dan juga estetik. Namun yang menjadi catatan Anda perlu rajin untuk membersihkan kamar mandi dengan rutin dan berkala agar dinding dan interior ruangan tetap bersih.

Selain menggunakan 1 pilihan warna, Anda juga bisa menggunakan perpaduan 2 warna seperti menggunakan warna putih dan cokelat agar terkesan lebih bersih dan juga estetik. Karena penggunaan warna pada kamar mandi juga dapat mempengaruhi suasana. Jika Anda menginginkan suasana kamar mandi yang bersih, nyaman, dan tenang Anda dapat menggunakan warna – warna yang cerah dan juga lembut untuk kamar mandi Anda.

Anda juga dapat menambahkan beberapa peralatan kamar mandi seperti shower karena penggunaan shower dapat menambahkan kesan elegan dan mewah. Menerapkan desain yang sederhana dan minimalis memang sangat banyak diminati saat ini. Hal ini dapat didukung dengan penggunaan perlengkapan dengan ukuran yang tepat. Anda bisa mencoba membuat dekorasi menarik dengan tema tropis yang indah dan mempesona.

Menentukan Ukuran Kamar Mandi yang Ideal

Untuk menentukan ukuran kamar mandi yang tepat, Anda bisa memulai dengan menghitung jumlah penghuni yang akan menggunakan kamar mandi. Ukuran kamar mandi juga dapat disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan di kamar mandi. Misalnya Anda dapat melakukan aktivitas mencuci baju di kamar mandi, maka ukuran ruangan kamar mandi bisa dibuat lebih besar, namun apabila kamar mandi hanya digunakan untuk tempat bebersih diri saja maka ukurannya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga kamar mandi dapat terkesan efisien dan lebih ekonomis..

Inspirasi Desain Kamar Mandi Minimalis

Untuk bisa memberikan kesan kamar mandi lebih luas, Anda bisa memilih menggunakan keramik bermotif besar yang langsung menarik perhatian. Tujuannya adalah agar setiap orang yang masuk ke kamar mandi langsung ke dinding dibandingkan ukuran kamar mandi. Penggunaan shower juga dinilai lebih efektif dan tidak memakan banyak tempat dibandingkan dengan menggunakan bak mandi ataupun bathtub, karena penggunaan shower lebih efektif untuk memberikan ruang gerak lebih bebas pada kamar mandi ukuran minimalis.

Anda hanya perlu menambahkan pembatas area kering dan basah menggunakan dinding kaca. Komponen ini akan memberikan kesan minimalis modern, nyaman dan juga estetik pada kamar mandi. Untuk bisa menciptakan kesan yang nyaman dan estetik maka kuncinya berada di tata letak dan pemilihan ukuran furniture yang ditambahkan sebagai pelengkap kamar mandi.

Baca Juga: Memahami Perbedaan Irigasi dan Drainase yang Sering Keliru

Desain Kamar Mandi dengan Ukuran Bak Mandi dan Shower

Jika Anda tetap ingin menambahkan bak mandi maka pilihlah ukuran yang sesuai dengan ukuran yang dipilih. Jangan sampai pemilihan bak terlalu besar dan memenuhi kamar mandi. Kemudian jika ingin menambahkan shower, pilihlah posisi yang tepat sehingga dapat menyisakan banyak ruang di dalam kamar mandi. Buatlah desain yang hemat ruang dan tetap nyaman.

Tambahkan tanaman hias untuk mempercantik ruangan dan menciptakan nuansa menyejukkan. Untuk bisa mendapatkan fleksibilitas desain maka Anda disarankan menggunakan ukuran yang lebih besar. Tata letak yang tepat akan membuat ruangan kamar mandi terkesan lebih nyaman, terlihat luas dan terkesan ideal.