Dalam dunia mesin pompa air, komponen vital seperti tusen klep memiliki peran penting. Tusen klep merupakan elemen kunci dalam mesin pompa, terutama pada jenis yang mengandalkan tekanan. Fungsinya bukan hanya sebagai penahan aliran air saja, tetapi juga sebagai pengatur aliran air yang efisien. Artikel ini akan mengupas secara mendalam tentang fungsi tusen klep, cara kerjanya dalam menjaga tekanan, serta pentingnya menjaga komponen ini agar mesin pompa air tetap bekerja optimal.

Apa itu Tusen Klep? 

Nama tersebut merujuk pada sebuah komponen dalam sistem perpipaan air yang bentuknya seperti silinder kecil berongga. Mungkin banyak dari kalian yang belum pernah melihatnya, karena memang komponen ini dipasang di ujung pipa yang terendam di dalam sumber air. Walaupun ukurannya terbilang kecil, tapi komponen ini memiliki peranan penting lho! 

Baca Juga: Pentingkah Tempat Wudhu di Rumah? Cari Tahu Disini beserta Tips Desainnya

Manfaat dan Fungsi Tusen Klep pada Mesin Pompa Air

Ada alasan tertentu kenapa tusen klep dipasang di ujung pipa yang terendam pada sumber air, baik itu di sumur atau bak penampungan. Komponen kecil ini bisa menahan air agar tetap berada di dalam pipa dan tidak turun kembali ke sumber air. Dengan begitu, sewaktu-waktu kran air dibuka, air akan langsung terdorong ke atas dan keluar lewat kran yang tadi dibuka. Cukup menarik, bukan?

Tusen klep juga membuat pipa menjadi tidak sering berbunyi, hal ini kerap terjadi akibat adanya tekanan air dan udara di sekitarnya. Komponen ini bisa membuka dan menutup, sehingga bisa menyesuaikan dengan kinerja mesin pompa air. Jadi saat mesin dimatikan pun air yang sudah berada di dalam pipa akan ditahan agar tidak berpindah atau turun kembali.

Komponen ini biasanya dibuat dari bahan-bahan yang tahan terhadap air. Seperti bahan PVC, kuningan. Sederet bahan tersebut dapat bertahan dalam rentang waktu yang lama walau sering berkontak langsung dengan air. Yang bisa saja menimbulkan reaksi dan mengakibatkan korosif pada komponen sistem perpipaan air di dalam bangunan.

Komponen-Komponen Tusen Klep

Komponen apa saja yang ada di tusen klep? Ukuran dari komponen ini terbilang kecil, sehingga komponen yang ada di dalamnya pun menyesuaikan. Yang menjadi bagian utama yaitu bagian badan yang terbuat dari kuningan, bagian katup, serta bagian yang menyerupai filter.

Cara Kerja Tusen Klep 

Cara kerja dari tusen klep sebenarnya tergantung dari kondisi katup dan mesin pompa airnya. Jika mesin dalam keadaan menyala, katup akan terbuka sehingga air bisa dihisap secara sempurna oleh pompa. Kemudian air tersebut akan dialirkan melalui aliran pipa yang sudah dipasang sebelumnya. Kemudian air dalam pipa tersebut akan dialirkan sesuai dengan jalur yang dibuka.

Sebaliknya, jika mesin pompa air dalam keadaan mati, maka katup juga akan ikut menutup. Katup ini yang kemudian akan menahan air yang sudah ada di dalam pipa agar tidak turun atau kembali ke penampungan airnya. Maka dari itu, tusen klep harus sering dicek kinerjanya agar jika ada kebocoran atau kerusakan bisa langsung diperbaiki. Mengingat pula fungsi komponen ini juga sangat penting.

Cara Memasang dan Memilih Tusen Klep yang Tepat 

Bagaimana memilih tusen klep yang pas? Secara umum, di pasaran tusen klep ada dua jenis. Yaitu yang menggunakan bahan PVC dan bahan kuningan. Keduanya memiliki perbedaan di bagian ketahanan dan posisinya. Karena bahan kuningan diklaim lebih kuat dan tahan lama, sehingga cocok untuk dipasang di mesin pompa yang bertekanan tinggi.

Ada banyak produsen komponen pompa air di pasaran, termasuk pula yang menjual tusen klep ini. Salah satu yang selalu menjadi rekomendasi adalah produk buatan UNNU. Produk tusen klep dari merk ini terbuat dari bahan kuningan berkualitas tinggi. Dengan begitu tusen klep ini akan tahan lama dan tidak mudah rusak. Lihat spesifikasi lengkap produknya di unnu.com.

Perawatan dan Pemeliharaan Tusen Klep

Cara merawat tusen klep sebenarnya cukup mudah. Untuk kamu yang teliti, hal ini bisa dideteksi apabila ada kebocoran pada tusen klep melalui bunyi yang dihasilkan pada pipa. Saat ada kebocoran di tusen klep, tekanan di sekitar pipa tidak bisa padat sempurna sehingga menimbulkan bunyi. Jika sudah seperti ini, maka harus segera diperbaiki ya.

Mempelajari cara kerja sebuah mesin pompa air memang menyenangkan. Kamu pasti pernah kan bertanya-tanya bagaimana mesin tersebut bisa menyedot air dari bawah ke atas. Termasuk juga mengetahui apa sebenarnya fungsi tusen klep, salah satu komponen yang krusial pada mesin pompa air.

Baca Juga: Wajib Mengenal Jenis-Jenis Sanitair Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Kamar Mandi

Tusen klep memiliki ukuran yang tidak besar, terbuat dari bahan kuningan, namun memiliki fungsi yang krusial pada mesin pompa air. Maka dari itu, saat proses instalasi perpipaan pada bangunan jangan sampai lupa untuk memasang alat ini. Karena fungsinya bisa menjaga dan mengatur air agar tetap berada di dalam pipa tanpa turun lagi ke bagian penampungan.