Apakah kamu pernah mendengar istilah frugal living? Ya, gaya hidup ini telah menjadi tren yang semakin populer, terutama kalangan millennial. Dalam era di mana konsumsi berlebihan dan hutang pribadi sering menjadi masalah, banyak milenial memilih untuk mengubah cara mereka dalam mengelola keuangan.

Gaya hidup ini yang mengedepankan pengelolaan keuangan yang bijak dan hemat, memiliki sejumlah manfaat positif dalam mencapai financial freedom. Jadi, apa itu frugal living dan apa saja manfaat serta bagaimana tips untuk menerapkannya? Ingin tahu lebih lanjut? Simak dalam artikel di bawah ini.

Baca Juga: Shower Air Panas Dingin di Hotel: Begini Penggunaannya Jangan Salah

Mengenal Gaya Hidup Frugal Living

Gaya hidup frugal living adalah gaya hidup dengan konsep di mana seseorang mengatur dan mengalokasikan keuangan yang dimiliki dengan penuh pertimbangan. Dan juga sebuah filosofi hidup di mana seseorang berusaha untuk menghemat uang, mengurangi konsumsi, dan meminimalkan pemborosan.

Hal ini bukan hanya tentang memotong pengeluaran secara ekstrem, tetapi lebih tentang memilih bagaimana kita menggunakan uang dengan bijak untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. 

Konsep frugal living melibatkan pengelolaan keuangan yang cermat, fokus pada kebutuhan dari pada keinginan, dan menghindari hutang yang tidak perlu.  

Manfaat Gaya Hidup Frugal Living

Beberapa orang menyatakan bahwa gaya hidup ini adalah gaya hidup pelit dan perhitungan. Nyatanya, gaya hidup ini membawa manfaat positif bagi finansial kita. Berikut manfaat dari gaya hidup frugal living:

1. Kebebasan Finansial (Financial Freedom)

Salah satu manfaat terbesar dari gaya hidup frugal living adalah kemampuan untuk mencapai financial freedom yang lebih cepat. Dengan mengendalikan pengeluaran dan menghemat sebagian besar pendapatan, kamu dapat mencapai kekayaan lebih cepat, mengurangi beban hutang, dan mencapai kemandirian finansial yang lebih besar.

Dengan memiliki kebebasan finansial (financial freedom) dan dana darurat yang cukup, akan membuat kamu lebih fleksibel dalam mengambil keputusan hidup, seperti mengubah pekerjaan, memulai bisnis, mengejar hobi dan minat tanpa merasa terbatasi dan terbebani oleh masalah keuangan.

2. Kemampuan Menyimpan dan Investasi

Dengan menghemat uang dari pengeluaran yang tidak perlu, kamu dapat memiliki lebih banyak uang untuk dapat ditabung atau diinvestasikan. Hal ini tentunya membantu kamu dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti membeli rumah, merencanakan pensiun, atau pendidikan anak-anak. 

3. Mengurangi Financial Stress

Financial Stress merupakan sebuah kondisi dimana hidup dalam keterbatasan keuangan dan terus menerus merasa tertekan oleh hutang dan pembayaran bulanan sehingga menimbulkan stress yang berlebih. 

Maka dengan menerapkan gaya hidup frugal living membantu mengurangi financial stress dengan mengajarkan kamu cara mengelola uang dengan bijak, menghindari hutang yang tidak perlu, dan memiliki cadangan dana darurat.

Tips Menerapkan Frugal Living, Gaya Hidup Hemat Ala Millennial

1. Tentukan Tujuan Finansial yang Jelas

Pertama – tama, sebagai kaum milenial kamu harus tentukan tujuan finansial yang jelas. Apakah itu untuk pensiun, membeli rumah, melunasi hutang, atau tujuan lainnya? Pastikan tujuan  kamu terukur, realistis, dan memiliki batas waktu yang jelas.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan AIR PDAM Termudah

2. Rajin Mengelola Anggaran

Mulailah dengan membuat anggaran bulanan yang rinci. Catat semua pendapatan (income) dan setiap pengeluaran (outcome). Identifikasi tempat-tempat di mana kamu dapat menghemat uang, seperti mengurangi makan di luar, memilih warung dibanding mall, atau berlangganan layanan yang tidak benar-benar diperlukan.

3. Hindari Self Reward Secara Berlebihan 

Self-reward memang penting, namun kamu harus menetapkan batasan dan aturan ketika kamu ingin memberi diri sendiri hadiah. Misalnya, membeli hadiah dalam periode waktu tertentu. Jangan memberi diri penghargaan secara impulsive ketika kamu merasa tergoda. Pertimbangkan secara matang apakah penghargaan tersebut sepadan dengan keuangan.

4. Prioritaskan Utang

Jika kamu memiliki utang, utamakan untuk melunasi hutang terlebih dahulu. Seperti kartu kredit, pinjaman online, atau utang lainnya. Dengan bayar utang secepatnya untuk mengurangi beban bunga, dan menghindari financial stress. Hindari menambah utang baru yang tidak perlu.

5. Cari Penawaran atau Diskon

Manfaatkan diskon, kupon, penawaran khusus saat berbelanja, dan pertimbangkan untuk membeli barang bekas yang masih layak jika memungkinkan. Banyak toko dan aplikasi menawarkan potongan harga yang cukup tinggi. Dan yang terpenting hindari tren yang mengakibatkan kamu FOMO.

6. Hemat dan Hindari Pemborosan

Menghemat air dan menghindari pemborosan pengeluaran untuk air, listrik dan kebutuhan rumah lainnya adalah tindakan yang baik dalam mengurangi biaya bulanan. Anda dapat menghemat air dengan menggunakan perlengkapan kamar mandi dari UNNU seperti hand shower yang lebih hemat air dibanding menggunakan bak air atau dengan menggunakan stop kran otomatis. Untuk menghemat listrik, Anda bisa mematikan elektronik ketika sudah tidak digunakan kembali. Ajarkan kebiasaan hemat pada keluarga, terutama anak-anak, untuk menggunakan air dan listrik dengan bijak dan menghindari pemborosan. 

7. Revisi dan Evaluasi Secara Berkala

Periksa dan perbarui anggaran secara berkala, pastikan kamu tetap on track dalam mencapai tujuan yang kamu inginkan. Jika terdapat perubahan dalam kehidupan, seperti perubahan pendapatan atau biaya, maka sesuaikan kembali anggaran kamu sesuai dengan kebutuhan.

8. Kesabaran dan Kedisiplinan

Salah satu kunci utama dalam mencapai tujuan jangka panjang dalam gaya hidup frugal adalah kesabaran dan tetap disiplin. Proses ini mungkin memerlukan waktu, tetapi dengan tetap konsisten dan berkomitmen tinggi, maka kamu akan melihat kemajuan seiring berjalannya waktu. 

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan tentang seputar frugal living beserta manfaat dan tipsnya. Dengan komitmen yang kuat, perencanaan yang baik, serta disiplin dalam mengelola keuangan, maka kamu akan mencapai tujuan jangka panjang dan mencapai stabilitas finansial yang kamu idam-idamkan.