Memiliki rumah mungil mengharuskan Anda untuk lebih pintar dalam menatanya, terutama pada ruangan-ruangan yang esensial seperti dapur. Dapur kecil ukuran 2×2 pun bisa menjadi area yang nyaman untuk memasak apabila penataannya tepat. Oleh karena itu, yuk intip ide desain dapur minimalis 2×2 berikut yang dapat diterapkan dengan mudah.

Mengenal Desain Dapur Minimalis Ukuran 2×2

Dapur minimalis 2×2 merupakan dapur mungil berukuran 2×2 meter persegi, biasanya dimiliki oleh rumah kecil hingga apartemen studio. Meskipun mungil, dapur ukuran 2×2 dapat menjadi tempat yang nyaman untuk memasak apabila Anda menatanya dengan tepat.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Memilih Ukuran Wastafel Cuci Tangan

Misalnya Anda bisa menggunakan meja bar berwarna putih, alih-alih meja makan berukuran besar. Dominasi warna putih pada dapur akan membuatnya terlihat lebih luas sekaligus rapi. Anda pun bisa menambahkan lampu gantung minimalis di atas meja bar tersebut untuk membuat dapur terlihat lebih menawan.

Keunggulan dan Kelemahan Dapur Minimalis 2×2

Model dapur minimalis adalah pilihan yang tepat untuk ukuran rumah yang luasnya terbatas. Namun dapur dengan ukuran mungil seperti ini tentu punya plus minusnya tersendiri. Kelebihan yang ditawarkan di antaranya dapur jadi tampak ringkas dan irit ruang, sehingga membuat rumah Anda terlihat lebih lapang.

Selain itu, dapur dengan penataan yang ringkas dan rapi seperti itu akan menimbulkan kesan mewah. Jadi meskipun ukurannya terbatas, rumah pun akan terlihat menawan. Akan tetapi, diperlukan dukungan furniture dan ornamen serta pemilihan warna yang tepat untuk memperoleh kesan tersebut.

Sedangkan kelemahan desain dapur minimalis 2×2 jika diterapkan di rumah yaitu dapat membatasi gerakan Anda saat memasak. Anda bisa menyiasati masalah ini dengan cara memilih perabot dapur yang tidak memakan tempat. 

Ide Desain Dapur Minimalis Ukuran 2×2

1. Dapur Minimalis 2×2 Bentuk L

Untuk memudahkan Anda bergerak saat memasak di dapur ukuran 2×2 meter persegi, Anda dapat menatanya membentuk huruf L. Konfigurasi bentuk L ini dilakukan dengan cara meletakkan kompor dekat lemari pendingin dan wastafel. Jadi pergerakan Anda saat memasak di dapur pun menjadi lebih efisien. Apalagi dengan adanya kabinet di bagian atas kitchen set membuat dapur terlihat clean.

2. Dapur Minimalis 2×2 Bentuk U

Tidak hanya bentuk L, bentuk U menjadi salah satu desain dapur minimalis 2×2 yang digemari oleh masyarakat. Konfigurasi dapur seperti ini memungkinkan Anda menerapkan sistem kitchen work triangle yang efisien. Sehingga Anda dapat bergerak bebas menuju kulkas untuk mengambil bahan makanan, kemudian ke wastafel untuk dicuci, dan menuju kompor untuk dimasak.

3. Dapur Minimalis 2×2 dengan Bar

Furniture dan peralatan yang digunakan di dapur akan sangat mempengaruhi kesan dari ruang dapur tersebut. Mengingat bahwa luasnya terbatas, pastikan memilih furniture yang tidak memakan banyak tempat seperti mini bar. Meja bar ini bisa Anda manfaatkan layaknya meja makan pada umumnya, untuk menikmati makanan atau minuman di dapur.

4. Dapur Minimalis 2×2 dengan Warna Abu-Abu

Bosan dengan desain dapur minimalis yang selalu didominasi warna putih ? Tenang, masih ada banyak pilihan warna netral lain yang bisa diaplikasikan untuk memperoleh kesan lapang pada ruangan. Salah satunya yaitu warna abu-abu yang memberi kesan natural dan modern. Apalagi warna abu-abu lebih tidak mudah kotor dibandingkan warna putih.

5. Dapur Minimalis 2×2 Bernuansa Alam

Tahukah Anda bahwa desain dapur minimalis 2×2 bernuansa alam tengah populer diterapkan pada rumah-rumah modern ? Dimana dapur diletakkan bersamaan dengan taman sehingga membuat nuansa alamnya terasa kental. Jadi dapur akan diletakkan di belakang rumah dengan konsep terbuka yang hanya dinaungi oleh kanopi. Ini membuat sirkulasi udara di dapur menjadi lebih lancar.

Tips Mendesain Dapur Minimalis Ukuran 2×2

Ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan saat mendesain dapur minimalis ukuran 2×2. Yang pertama yaitu tentukan tema desainnya terlebih dahulu, supaya penataan dapur lebih rapi karena mengikuti tema. Anda bisa mempertimbangkan beberapa ide desain di atas dan sesuaikan dengan selera.

Baca Juga: Mengenal Water Heater: Solusi Pemanas Air Kamar Mandi Modern

Pilih perpaduan warnanya yang tepat, meliputi warna kabinet dapur, peralatan memasak, maupun perlengkapan dapur lainnya. Karena dapur memiliki ukuran yang terbatas, maka sebaiknya pilih warna yang senada dan netral supaya ruangan tidak terlihat penuh sesak.

Dan untuk meningkatkan ruang penyimpanan di dapur, Anda bisa menempatkan kabinet sampai menyatu dengan langit-langit. Ini akan membuat dapur minimalis terlihat lebih luas karena berbagai alat dapur maupun peralatan makan keluarga dapat disimpan dengan rapi. Sehingga desain dapur minimalis 2×2 pun akan terlihat semakin menawan lantaran tidak ada peralatan yang berserakan.

Untuk sistem plumbing dapur, Anda bisa menggunakan perlengkapan sistem plumbing dan kran air dapur dari UNNU. UNNU merupakan brand perlengkapan plumbing dan kran air dapur yang berkualitas dan memiliki berbagai macam pilihan produk.

Bingung karena ruangan yang tersisa untuk dapur di rumah punya ukuran kecil ? Jangan khawatir, desain dapur minimalis ukuran 2×2 meter ada banyak yang menarik. Desain-desain ini mudah diterapkan untuk membuat ruang dapur terlihat cantik, sekaligus nyaman sebagai tempat memasak. Yuk coba!