Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang kualitas air yang Anda dan keluarga konsumsi? Akses ke air bersih adalah hak fundamental yang tidak boleh dianggap remeh. Penting untuk menggunakan air yang bersih agar aman saat dikonsumsi oleh keluarga kita. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan parameter tertentu untuk mengevaluasi kualitas air minum untuk memastikan bahwa air tersebut aman untuk dikonsumsi. Kualitas air tanah atau air sumur, yang merupakan sumber air utama bagi banyak rumah tangga, dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi sumber air, kehadiran polutan alami, serta bagaimana air disimpan dan diolah sebelum dikonsumsi.  Lantas seperti apa ciri air bersih tersebut? Agar Anda lebih paham, simak detail ciri-ciri air bersih yang aman.

Baca Juga: Mengenal Jenis Stop Kran Air dan Fungsinya

Pengertian Air Bersih

Air bersih, bisa dikatakan adalah salah satu sumber daya air yang memiliki mutu baik dan bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk beragam fungsi. Beberapa fungsi tersebut adalah untuk sanitasi, air minum, hingga keperluan domestik lainnya. WHO (World Health Organization) bahkan menjelaskan bahwa air tersebut bisa digunakan untuk minum, persiapan makanan, dan konsumsi. 

Menurut peraturan Menteri kesehatan No. 32 tahun 2017, air pun diartikan sebagai media untuk keperluan higiene sanitasi, meliputi fisik, kimia, dan biologi. Sayangnya, tidak semua jenis air dikatakan bersih dan sehat atau layak minum. Akhirnya muncul syarat khusus yang mengikat karakteristik air yang dinilai bersih. 

Air bersih itu pun dijelaskan mencakup fungsi air minum, yang mana harus sesuai atau lolos syarat air konsumsi. Beberapa syarat atau ciri-ciri air bersih lokal atau internasional cukup mirip. Menurut WHO dan Departemen Kesehatan, syaratnya adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat. 

Ciri-Ciri Air Bersih yang Aman Untuk Dikonsumsi Menurut WHO

  1. Tidak Ada Rasa (Tawar). Menurut WHO, salah satu ciri-ciri dari air bersih yang layak diminum dan digunakan untuk kebutuhan sehari hari adalah air yang tidak memiliki rasa.  Jadi tidak ada rasa asin atau rasa logam. Jika terdapat rasa, maka bisa saja ada beberapa hal yang membuatnya tidak layak. Seperti adanya karat pada pipa, kandungan logam berat, atau bakteri.
  2. Tidak Berwarna. Air bersih itu bening, tidak ada warna ataupun kotoran. Apabila terdapat warna yang tidak wajar seperti kecoklatan atau keruh, maka bisa jadi terdapat kandungan berbahaya. Pastikan air tersebut jernih. Anda bisa mengukur atau melihatnya dengan cara menuangkan air dari satu wadah ke wadah lain. Jika ada endapan atau warna, maka air tersebut belum bersih.
  3. Tidak Memiliki Bau. Bakteri dalam air juga bisa menghasilkan bau yang kurang sedap. Aroma ini biasanya baru terasa jika sudah masuk ke dalam mulut, sehingga baru ketahuan jika air tersebut tidak bersih. Aroma tidak sedap ini pun bisa beragam, seperti bau H2S atau hidrogen Sulfida atau gas, bakteri, amis, atau bau zat kimia lainnya. Jadi, jangan pernah gunakan air tersebut.
  4. Tidak Lengket. Maksud dari tidak lengket adalah air jernih dan bersih tidak akan memiliki tekstur apapun. Jadi, tidak akan meninggalkan bekas atau pengaruh dari zat tertentu. Biasanya, kondisi ini terjadi jika terdapat kandungan seperti timah, aluminium, mangan, dan magnesium. Jika Anda merasa air tidak nyaman di tangan, bisa jadi air tersebut belum layak.
  5. PH Air Netral. Salah satu faktor kritis dalam menentukan kualitas air adalah tingkat pH-nya. Air bersih memiliki tingkat pH 7 atau netral, menunjukkan bahwa air itu murni dan bebas dari kontaminan. Selain itu, ciri-ciri air bersih yang aman untuk diminum antara lain tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak mengandung patogen penyebab penyakit atau bahan kimia berbahaya lainnya. Dengan memeriksa sumber air Anda dan mempertahankan kualitas air yang baik, Anda dapat melindungi kesehatan keluarga dan mencegah masalah kesehatan seperti stunting.
  6. Bebas Dari Bakteri. Ciri-ciri air bersih yang satu ini perlu dicek dengan penelitian khusus. Di kasus tertentu, bakteri yang kerap ditemukan adalah pencemaran air Escherichia Coli. Mengonsumsi air yang mengandung bakteri tersebut dapat menyebabkan diare. Namun ada juga bakteri lain yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Karena itu, pastikan Anda menggunakan air dari sumber yang sudah terjamin. 

Manfaat Air Bersih

Manfaat air bersih cukup luas, terutama untuk sanitasi dan kebutuhan konsumsi. Pertama, manfaat air adalah untuk minum dan konsumsi. Setidaknya dibutuhkan 50-80% air dalam tubuh untuk menjaga aktivitas dan kesehatan. Karena itu, butuh minum air bersih yang cukup setiap harinya. 

Manfaat air bersih juga dikaitkan dengan kegiatan sehari hari, seperti memasak makanan dan mencuci. Kedua aktivitas ini ada kaitannya dengan sanitasi, yang mana ditujukan untuk menghindari bakteri dan serangan penyakit. Air juga bagian utama kebutuhan irigasi pertanian dan ekosistem lingkungan yang berkualitas sehingga perlu lolos ciri-ciri air bersih. 

Sumber Air Bersih

Sumber air setidaknya terdiri dari empat. Sungai menjadi sumber utama dengan perkiraan lebih dari 40.000 kilometer kubik air segar didapat dari sungai di seluruh dunia. Selain itu, ada juga air dari hujan yang bisa disimpan secara individu atau oleh pemerintah dengan cara seperti bendungan atau tandon air. 

Air bawah tanah dan air permukaan adalah sumber air yang juga bisa didapat dengan lebih mudah. Air permukaan ini biasanya tersedia dalam bentuk sungai, danau, rawa, atau telaga. Sedangkan air bawah tanah diekstrak dengan cara penggunaan sumur dangkal, mata air, atau sumur dalam. Meski tersedia banyak sumber air bersih, namun masih dibutuhkan sarana untuk mengalirkan air tersebut agar tetap bersih saat digunakan. Mulai dari penggunaan saluran pipa yang kuat, sambungan valve yang aman, sampai penggunaan filter pada pompa air yang anda gunakan di rumah.

Air adalah salah satu bagian dari kehidupan. Selain menjadi kebutuhan untuk minum, air juga digunakan untuk mandi dan kegiatan sehari hari. Alhasil, kebersihannya wajib menjadi pertimbangan. Apakah air di rumah Anda sudah bersih? Perhatikan ciri ciri yang sudah diberikan dan pastikan Anda mendapat asupan air bersih dan hidup lebih sehat mulai dari sekarang!