Selang merupakan salah satu komponen penting pada mesin cuci, sehingga Anda perlu mengetahui cara pemasangannya. Sebab cara pasang selang mesin cuci tak semuanya sama, namun tergantung pada jenis mesin cuci yang Anda gunakan. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai teknik pemasangannya pada mesin cuci otomatis dan mesin cuci satu tabung.

Cara Memasang Selang Mesin Cuci Otomatis dan Mesin Cuci Model Satu Tabung

1. Cara Memasang Selang Mesin Cuci Otomatis

Cara memasang selang mesin cuci otomatis sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan. Jika Anda ingin mengganti selang lama dengan selang yang baru, maka pastikan bahwa mesin cuci sudah dimatikan atau tidak dalam keadaan menyala. Keluarkan selang lama dengan cara membuka baut pengunci yang ada di belakang mesin.

Baca Juga: 6 Langkah Cuci Tangan Sesuai Standar WHO

Keluarkan selang lama dari mesin cuci setelah baut terlepas, kemudian ambil selang baru dan pasang di bagian yang sama dengan selang lama. Jangan lupa untuk memasang baut pengunci guna mengunci selang pada tempatnya. Untuk menghubungkannya dengan kran air, cukup dengan tarik bagian bawah yang ada pengaitnya.

Tarik pengait ke arah bawah (ke arah selang), nantinya bagian atas akan lepas sendiri. Sehingga Anda bisa melakukan cara pasang selang mesin cuci ke kran air. Jadi langkahnya sangat sederhana, cukup dengan tarik ke bawah, pasang, pastikan sudah mentok, dan lepas sampai terdengar bunyi klik. Selesai, maka selang mesin cuci otomatis pun sudah terpasang.

2. Cara Memasang Selang Mesin Cuci Satu Tabung

Cara memasang selang mesin cuci satu tabung sama mudahnya dengan memasang selang mesin cuci otomatis. Pada mesin cuci satu tabung sendiri umumnya ada dua selang utama untuk sirkulasi air. Selang pertama berfungsi sebagai jalur masuk air dari kran ke dalam mesin cuci, yang disebut dengan nama selang inlet.

Kemudian selang yang kedua berfungsi sebagai jalan air kotor selama proses mencuci, yang disebut sebagai selang pembuangan air atau selang outlet. Dimana selang outlet punya ukuran yang lebih besar dari selang inlet. Untuk memasang selang inlet selama instalasi mesin cuci, Anda akan membutuhkan beberapa alat seperti obeng dan kran air.

Cara pasang selang mesin cuci satu tabung yaitu pertama Anda perlu mengatur posisi mesin. Pastikan bahwa posisi mesin cuci dekat kran air dan landasannya datar supaya mesin tidak berbunyi keras ketika dinyalakan nantinya. Selanjutnya kendurkan baut kepala konektor dan pasang pada ujung kran air, setelah itu kuatkan kembali bautnya. 

Usahakan posisinya lurus supaya tidak gampang bocor, memasangnya mudah hanya tinggal ditekan saja. Berikutnya pasang ujung selang ke kran air dengan membuka sekrup yang ada. Jangan lupa kencangkan kembali sekrup setelah selang dipasang di bagian bawah kran air. Ujung selang satu lagi nantinya bisa dimasukkan pada area mesin cuci yang sudah disediakan. 

Gunakan Kran Air Berkualitas untuk Menyambungkan Selang Mesin Cuci

Untuk menyambungkan selang mesin cuci, pastikan Anda menggunakan kran air yang berkualitas. Pasalnya kran berkualitas dapat membantu pemasangan selang menjadi lebih mudah. Di mana selang bisa langsung disambungkan ke kran air tanpa repot menyiapkan banyak peralatan terlebih dahulu. Hasilnya pun rapat dan tidak gampang bocor. Berikut tips memilih kran air berkualitas tersebut.

1. Kenali Bahan Kran

Kran air umumnya terbuat dari beberapa bahan, dan daya tahannya bisa berbeda beda tergantung materialnya ini. Ada kran dari stainless steel atau kuningan yang kuat dan anti karat, zinc alloy yang kokoh sekaligus ekonomis, atau plastik yang ringan dan colorful. Untuk menyambungkan selang mesin cuci, sebaiknya pilih yang kokoh dan kuat seperti stainless steel atau zinc alloy dapat menjadi alternatifnya.

2. Periksa Dimensi Kran

Cara pasang selang mesin cuci tentu akan lebih mudah apabila dimensi kran sesuai dengan dimensi lubang selang atau ujung selang. Ukuran dimensi yang sesuai akan meminimalisir risiko kebocoran, sehingga air bisa mengalir dengan baik ke mesin cuci. Ini nantinya juga akan membantu menjaga selang supaya tidak mudah rusak, sehingga selang dapat digunakan dalam waktu yang lama.

3. Pilih Berdasarkan Jenisnya

Jenis kran air yang bisa ditemukan di pasaran ada berbagai macam, sehingga Anda dapat memilih berdasarkan jenisnya. Ada yang bentuknya ulir dan ada pula yang langsung lurus. Untuk dipasangkan pada selang mesin cuci, umumnya kran dengan bentuk ulir akan terasa lebih mudah. Namun hal ini kembali dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Baca Juga: Rekomendasi Desain Kamar Mandi Anak yang Aman dan Menarik

Jadi, sudah tahu bukan cara pasang selang mesin cuci ? Caranya sebenarnya sangat mudah, baik pada mesin cuci otomatis maupun mesin cuci satu tabung. Yang harus diperhatikan adalah pemilihan selang dan kran air berkualitas yang digunakan. Sehingga pemasangan berjalan lancar dan awet dalam waktu yang lama. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan kran air UNNU yang berkualitas tinggi, anti karat dan anti bocor.