Mencuci kendaraan di teras rumah hingga menyiram tanaman di halaman, semua aktivitas tersebut membutuhkan selang air. Jadi tidak berlebihan apabila selang air disebut sebagai salah satu perkakas esensial bagi setiap rumah tangga. Yang mana selang air ini punya banyak sekali jenis dan ukuran meskipun fungsinya sama. Maka dari itu, yuk kenali jenis-jenis dan ukuran selang air sebelum membeli selang, melalui artikel berikut.

Ukuran Selang Air

Di pasaran, Anda dapat menemukan selang air dalam berbagai pilihan ukuran. Dan untuk memilih ukuran yang tepat, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu dari mana sumber air dan untuk apa saja kebutuhan aliran air tersebut. Sebab pompa air dapat memiliki tekanan yang berbeda-beda tergantung Anda mengandalkan air tanah atau air dari PDAM.

Secara umum, ada beberapa pilihan diameter selang air yang bisa ditemukan. Yaitu ukuran ¼ inci yang biasanya hanya untuk tambahan aliran air, ukuran ½ inci yang paling umum digunakan, ukuran ¾ inci untuk aplikasi luar ruangan, dan selang air ukuran 1 inci yang banyak dipakai di pedesaan dengan sumber air dari gunung. Sementara untuk panjangnya ada pilihan 25, 50, 75, sampai 100 kaki.

Jenis-Jenis Selang Air Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

1. Selang Plastik

Selang plastik merupakan jenis selang air yang umum digunakan oleh masyarakat adalah selang dengan bahan vinyl. Itu merupakan jenis dan tipe plastik yang biasa dibuat dari etilena, bahannya tahan lama dan termasuk murah. Anda bisa menggunakannya sebagai senjata untuk mengerjakan pekerjaan ringan yang membutuhkan aliran air, seperti berkebun. Namun selang plastik umumnya tidak dapat menahan air dengan tekanan tinggi.

2. Selang Karet

Dibandingkan selang plastik, selang air berbahan karet punya bobot yang lebih berat sehingga mampu menahan tekanan air dengan lebih baik. Bahan karetnya yang kuat membuat selang ini tidak mudah bocor sehingga Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu lama. 

3. Selang Stainless Steel

Mau yang lebih awet lagi ? Maka selang stainless steel adalah pilihan terdepan. Selang dengan warna keperakan yang mengkilat ini memang didesain supaya tidak mudah bocor, bahannya awet serta kokoh. Biasanya selang stainless steel sering dipakai untuk sistem penyiraman toilet. Meskipun sering terkena air, bahannya tidak mudah berkarat sehingga Anda tidak perlu khawatir.

4. Selang PVC

Punya daya tahan yang bagus dalam berbagai pilihan ukuran selang air, selang PVC cukup banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi harganya pun masih terjangkau untuk kebutuhan rumah tangga. Anda bahkan bisa memodifikasinya dengan mudah apabila selang air PVC memiliki ukuran yang tidak pas dengan ukuran kran.

5. Selang HDPE

Selang HDPE merupakan selang yang dibuat dari bahan high-density polyethylene, yang mana bahan tersebut banyak dimanfaatkan untuk pipa distribusi air bersih karena kokoh dan higienis. Meskipun sangat kokoh, namun selang HDPE punya bobot yang cukup ringan sehingga mudah dibawa.

Manfaat Selang Air

Selang air punya manfaat sebagai sistem distribusi air untuk berbagai keperluan rumah tangga maupun industri. Dengan menggunakan selang, maka Anda pun dapat mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainnya secara praktis. Bahkan beberapa selang dirancang secara khusus untuk memenuhi fungsi tertentu.

Misalnya selang air panas yang dapat menyalurkan air dari water heater atau pemanas air ke shower maupun bak mandi. Selang seperti ini dibuat dari bahan elastis yang tahan terhadap tekanan tinggi dan tahan dengan suhu air mencapai 200 derajat. Sehingga Anda bisa mengalirkan air panas dengan nyaman sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Selang Air

1. Menyesuaikan Ukuran Kran Air 

Ukuran selang air tersedia dalam berbagai pilihan seperti telah disebutkan. Anda bisa menyesuaikan ujung selang dengan ukuran kran air di rumah. Jika memungkinkan, lebih bagus jika menggunakan yang satu merek supaya penggunaannya optimal. Misal penggunaan kran air UNNU yang berkualitas. 

Ada kran wastafel hingga kran mixer panas dingin sebagai pilihan. Untuk selangnya, tersedia shower hose berukuran 120 cm dan 150 cm. Selang berbahan stainless steel ini lentur dan elastis, Anda bisa menariknya lebih panjang untuk mengalirkan air hingga tekanan 10 bar.

Baca Juga: Ukuran Kran Air dan Tips Memilih Kran yang Tepat

2. Pertimbangkan Kebutuhan Anda

Berikutnya jangan lupa pertimbangkan kebutuhan masing-masing. Misalnya Anda membutuhkan selang hanya untuk keperluan berkebun, maka selang taman yang berukuran kecil dengan bahan plastik saja sudah cukup. Namun untuk pasokan air yang lebih besar, tentunya dibutuhkan selang dengan diameter yang juga jauh lebih besar.

3. Bandingkan Harga

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga selalu menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan saat hendak membeli sesuatu. Ini sangat wajar supaya Anda tidak rugi nantinya. Jangan sekadar mencari yang murah, namun perhatikan pula bagaimana kualitasnya saat membandingkan harga.

4. Baca Ulasan

Selain memilih berdasarkan kebutuhan, ukuran selang air, dan harganya. Anda juga dapat membaca ulasan produk untuk memastikan bahwa produk tersebut memang bagus. Testimoni para pengguna akan sangat membantu menjawab apakah selang tersebut memang sesuai dengan yang Anda cari atau tidak.

Itu dia beberapa pilihan ukuran selang dan jenis-jenisnya. Ukuran dan jenis mana yang sebaiknya dijadikan pilihan ? Tentu Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Dengan begitu, maka selang air pun dapat digunakan secara optimal.