Tahukah Anda, ternyata <strong><a href=”https://trilliun.com/hose/” data-cke-saved-href=”https://trilliun.com/hose/”>selang air</a></strong> tersedia dalam bermacam-macam jenis berbeda yang bisa disesuaikan dengan beragam kebutuhan. Mulai dari selang dengan bobot yang ringan dan mudah digenggam, selang berbentuk datar, selang yang bisa melingkar secara otomatis, hingga masih banyak lagi. Nah, selang-selang tersebut ternyata memang dirancang secara khusus untuk memenuhi berbagai fungsi tertentu yang bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Jika Anda sedang mencari selang untuk menyiram taman atau kebutuhan lainnya, berikut beberapa jenis selang serta fungsinya yang perlu Anda tahu.
<h3>1. Soaker Hose</h3>
Soaker hose merupakan jenis selang fleksibel yang memiliki ribuan pori-pori kecil pada permukaannya. Pori-pori ini berfungsi untuk meneteskan air secara perlahan dan merata, sehingga memungkinkan air meresap langsung ke tanah hingga ke akar tanaman. Alih-alih membasahi daun, justru air yang dialirkan langsung ke dalam akar membuat Anda bisa mengurangi pemborosan air sebab tidak perlu lagi ada air yang terciprat ke sembarang tempat dan terbuang percuma karena penguapan.
<h3>2. Sprinkle Hose</h3>
Sprinkle hose merupakan jenis selang yang menggabungkan fitur yang dimiliki oleh soaker hose dan water sprinkler. Selang ini memiliki lubang-lubang kecil yang dapat menyemprotkan air seperti hujan di sepanjang permukaannya. Karena fungsinya ini, sprinkle hose mampu memberikan pola penyiraman yang konsisten dan merata, bahkan meskipun Anda memiliki taman luas dengan sudut yang sulit dijangkau.
<h3>3. Flat Hose</h3>
Sama seperti namanya, flat hose adalah jenis selang yang memiliki bentuk datar, namun akan berubah bundar ketika dialiri air. Karena bentuknya cukup ramping saat sedang tidak digunakan untuk menyiram, flat hose adalah pilihan selang yang nyaman, fleksibel, mudah digulung, serta bisa menghemat ruang penyimpanan. Namun perlu diketahui bahwa umumnya flat hose terbuat dari bahan yang ringan, sehingga selang ini tidak seawet jenis selang lainnya.
<h3>4. Coiled Hose</h3>
Coiled hose adalah jenis selang yang memiliki bentuk melingkar, dan akan berubah lurus ketika dialiri air. Hal ini dikarenakan coiled hose terbuat dari bahan karet atau kombinasi karet, yang membuatnya memiliki bentuk kompak dan mudah disimpan karena akan kembali menjadi gulungan yang rapi setelah selesai digunakan. Jika Anda ingin selang yang bisa menghemat ruang penyimpanan dan tidak perlu susah-payah digulung kembali, maka coiled hose merupakan pilihan yang paling cocok untuk Anda.
<h3>5. Expandable Hose</h3>
Expandable hose adalah jenis selang yang dapat mengembang tiga kali lipat lebih panjang saat dialiri air, dan kembali menyusut ke ukuran aslinya ketika air dimatikan. Fleksibilitas ini memungkinkan expandable hose memiliki fungsi yang baik ketika digunakan untuk menyiram tanaman karena tidak mudah tertekuk atau kusut. Selain itu, selang jenis ini juga cocok digunakan untuk menyirami taman dengan ukuran luas tanpa kesulitan karena mempunyai bobot yang cukup ringan dan mudah untuk dibawa bermanuver.

Tidak semua selang diciptakan dengan bentuk yang sama. Beberapa selang di atas dibuat secara khusus untuk memenuhi fungsi-fungsi tertentu ketika digunakan untuk <strong><a href=”https://trilliun.com/dof/” data-cke-saved-href=”https://trilliun.com/dof/”>menyiram taman</a></strong>. Oleh karena itu, saat Anda akan membeli selang, pastikan untuk selalu mempertimbangkan berbagai faktor penting seperti luas taman, frekuensi penggunaan, tempat penyimpanan, serta fitur khusus yang Anda butuhkan.