Bahan plastik ternyata tidak sembarangan plastik saja. Ada banyak sekali jenisnya dan kegunaannya. Belakangan, PVC (polivinil klorida) atau vinyl pun kian banyak ditemukan dan digunakan untuk berbagai peralatan, yang paling banyak ditemukan adalah bahan PVC untuk perlengkapan kamar mandi atau area basah. Sebenarnya apa dan layak kah bahan ini?

Baca Juga: Cara Mengatasi Kran Air Bocor di Rumah Dengan Mudah

Apa Itu Bahan PVC?

Ketika Anda memilih bahan PVC sebagai material peralatan yang akan digunakan, maka Anda harus mengenal bahan PVC terlebih dahulu. Bahan PVC adalah salah satu bahan keras bersifat plastik yang kerap dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk peralatan yang bersentuhan dengan air.

Namun, tak sedikit pula produk mainan, fashion, furniture, hingga bahan konstruksi maupun bahan bangunan yang menggunakan bahan baku PVC.

Sejarah Singkat Penggunaan Bahan PVC

Berkaitan dengan penggunaan bahan ini, sebenarnya rekam jejaknya sudah cukup lama. Apalagi bahan ini kerap disebut dengan vinyl, yang mana sudah tersebar luas sejak pertengahan abad ke-20. Bahkan, disebutkan bahwa PVC adalah bahan polimer termoplastik yang menduduki posisi ketiga paling banyak digunakan di dunia.

Jenis dan Sifat PVC

Sejak pengembangan PVC, bahan ini terus dikembangkan dengan beragam produk dan jenisnya. Di tahun 70-an kapasitas PVC pun meningkat tajam. Bahannya semakin diolah mulai dari PVC fleksibel hingga memiliki sifat keras dan kaku. Bahan ini pun mudah disintesis, terdegradasi akibat cahaya dan panas, hingga bentuknya menjadi serbuk putih agar mudah diolah.

Sifat yang paling banyak menarik perhatian adalah cocok untuk berbagai penggunaan dan tahan akan bahan kimia dan biologi. Alhasil, plastik ini pun kerap menjadi pilihan untuk produk pipa air, kran PVC, dan furnitur yang tidak mudah mengalami korosi atau kerusakan.

Kegunaan PVC

Kegunaan dari bahan PVC sendiri sebenarnya cukup luas. Namun, yang paling sering adalah digunakan untuk bahan utama pembuatan pipa. Bahan ini memiliki proses serbuk kecil polimerisasi monomer vinil klorida yang membuatnya mudah dibentuk dan diproses. Karena hal itu pula, aneka produknya mencakup mainan, peralatan rumah tangga, hingga furnitur yang kuat.

Baca Juga: Yuk Simak Bagaimana Cara Menghemat Air di Rumah dengan Maksimal

Kelebihan dan Kekurangan Bahan PVC Pada Perlengkapan Kamar Mandi

Kelebihan Bahan PVC 

Jika dikaitkan dengan perlengkapan kamar mandi, ada beberapa kelebihan yang membuat bahan dari PVC jadi andalan. Pertama, produksi dan harga yang lebih terjangkau membuat produk lebih ramah kantong. Hal ini juga membuat pipa PVC, fitting, hingga katup PVC dengan material plastik berkualitas tinggi lebih mudah didapatkan di pasaran.

Kelebihan yang dimiliki oleh bahan dari PVC juga mencakup durabilitas yang lebih tinggi. Dikatakan, bahan ini tidak mudah rusak karena rayap, dan punya sifat anti air. Bahkan, beberapa produk pun tahan panas dan bahan kimia. Beberapa bahkan sudah dibuat dengan maksimal sehingga tidak mudah pecah.

Karena model dan bentuk yang beragam, tak sedikit pula opsi produk dari PVC yang beragam. Bahkan beberapa produk bangunan dan furnitur didesain dengan proses bongkar pasang. Ukurannya yang ringan dan model yang fleksibel juga mempermudah proses pemasangan. Hal ini pun mencakup proses perawatannya yang mudah karena sifat anti jamur dan kerak.

Produk Perlengkapan Kamar Mandi yang Menggunakan Jenis Material Berbahan PVC 

Pengaplikasian bahan PVC untuk perlengkapan kamar mandi cukup beragam. Paling umum digunakan untuk pipa air segala ukuran, air panas atau dingin, plumbing, dan segala bentuk fitting. Anda bisa temukan produk terbaiknya dari UNNU yang menggunakan bahan PVC berkualitas tinggi. Selain itu, ada pula PVC ball valve, kran tembok, dan masih banyak lainnya.

Bisa dikatakan bahwa PVC adalah salah satu dari sekian banyak bahan plastik yang punya kehebatan. Yang paling jadi sorotan adalah daya tahan akan air, bahan kimia, dan fleksibilitas. Alhasil, banyak sekali produk perlengkapan kamar mandi plumbing dan fitting berkualitas berbahan PVC. Agar tidak salah pilih, cek produk dari UNNU untuk kebutuhan kamar mandi terbaik.