Menjaga kebersihan tangan adalah hal yang paling utama dalam menjaga kesehatan. Agar pengalaman cuci tangan Anda nyaman, perlu memilih wastafel yang tepat. Wastafel tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga sesuai dengan keinginan dan gaya ruangan.

Desain wastafel cuci tangan sangat penting dalam menciptakan tampilan yang harmonis dalam ruangan misalnya kamar mandi. Misalnya wastafel yang minimalis dan clean sangat sesuai untuk gaya modern dan menciptakan suasana yang bersih dan segar. 

Ukuran wastafel cuci tangan juga salah satu hal penting yang harus diperhitungkan agar sesuai dengan bentuk ruangan. Sebelum itu, mari membahas desain dan jenis wastafel sebelum menentukan ukurannya.

Baca juga: 6 Langkah Cuci Tangan Sesuai Standar WHO

Desain Wastafel Cuci Tangan

Material dan bentuk dari wastafel cuci tangan akan menentukan tampilan wastafel itu sendiri. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi Anda untuk menentukan bentuk desainnya.

Keindahan desain minimalis yang cocok untuk gaya modern

Gaya minimalis selalu menjadi pilihan utama, tetap eksis dan bertahan lama bagi kebanyakan masyarakat. Minimalis menciptakan kesan elegan, rapi, bersih, tak banyak perabotan, dan terkesan luas. Ini memberi pengaruh psikologis yang baik bagi pengguna wastafel untuk sekadar melepas lelah dan memberikan ketenangan saat beraktivitas.

Keunikan desain wastafel kaca untuk tampilan yang menawan

Jika Anda ingin yang anti mainstream, wastafel berbahan kaca bisa jadi pilihan. Wastafel kaca sangat elegan dan mudah dibersihkan. Tersedia dalam berbagai variasi bentuk dan warna.

Bahan kaca yang biasa digunakan pada wastafel adalah bahan tempered glass.  Bahan ini tebal dan kuat. Selain itu juga tahan panas sehingga tetap terlihat menawan walau sudah bertahun-tahun.

Kelebihan dan keunggulan desain tipe stainless yang tahan lama

Untuk Anda yang menginginkan desain yang simpel, wastafel stainless bisa jadi pilihan. Tipe stainless steel adalah tipe yang paling umum digunakan masyarakat, bukan hanya di rumah, tapi juga di restoran, kafe, dan mall.

Harganya yang lebih ekonomis namun tetap menawan adalah salah satu pertimbangan utama masyarakat. Dibandingkan tipe lainnya, tipe ini bisa digunakan dalam waktu lama. Bahannya tahan panas dan mudah dibersihkan.

Jenis-jenis Wastafel Cuci Tangan

Anda sebaiknya mengetahui siapa saja yang akan menggunakan wastafel dan apakah ada keperluan tambahan lainnya untuk cuci tangan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan jenis wastafel mana yang tepat dipilih.

Wastafel standar dengan satu lubang kran

Wastafel jenis ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.  Desainnya yang sederhana dan fungsional membuatnya cocok untuk berbagai jenis kamar mandi, mulai dari kamar mandi kecil hingga kamar mandi yang lebih luas.

Karena hanya memiliki satu lubang kran di tengah wastafel, ini memungkinkan pemasangan kran air yang mudah. Dengan satu lubang kran, Anda dapat mengatur suhu dan tekanan air sesuai kebutuhan.

Kelebihan dari wastafel standar dengan satu lubang kran adalah kemudahan instalasi dan penggunaannya yang sederhana. Anda tidak perlu bingung dengan banyak lubang kran yang harus dipasang, sehingga mempermudah dalam merawat dan membersihkannya.

Wastafel dengan dua lubang kran dan tempat sikat gigi terintegrasi

Wastafel ini memiliki dua lubang kran yang memungkinkan Anda untuk menggunakan air dingin dan air panas secara terpisah. Anda dapat dengan mudah mengatur suhu dan tekanan air sesuai preferensi Anda. Dua lubang kran ini juga memudahkan penggunaan secara bersamaan oleh dua orang.

Selain itu, wastafel ini juga dilengkapi dengan tempat sikat gigi terintegrasi yang terletak di samping lubang kran. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyimpan sikat gigi dan menjaga kebersihan mulut dan gigi Anda setelah mencuci tangan. Tempat sikat gigi yang terintegrasi juga memberikan tampilan yang lebih rapi dan terorganisir di kamar mandi.

3 Langkah Memilih Ukuran Wastafel Cuci Tangan yang Tepat

Dalam memilih wastafel cuci tangan, penting untuk mempertimbangkan ukuran yang sesuai untuk kamar mandi Anda. Berikut adalah beberapa standar ukuran wastafel yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Lebar wastafel

Jika Anda memiliki kamar mandi kecil atau ruangan yang sempit, maka dianjurkan menggunakan wastafel dengan lebar 30-40 cm. Wastafel dengan lebar 40-60 cm lebih ideal digunakan pada kamar mandi ukuran sedang atau kamar mandi keluarga.

Wastafel dengan ukuran lebar lebih dari 60 cm, bisa digunakan untuk kamar mandi yang luas maupun mewah.

2. Kedalaman wastafel

Setelah mengetahui lebar wastafel, saatnya menentukan kedalamannya. Kedalaman sekitar 10-15 cm adalah standar umum yang sesuai untuk kebanyakan keperluan mencuci tangan.

Namun, jika Anda ingin lebih banyak ruang atau menginginkan wastafel yang lebih dalam, Anda dapat memilih wastafel dengan kedalaman 15-20 cm.

3. Tinggi wastafel

Tinggi wastafel sekitar 80-85 cm adalah tinggi yang nyaman bagi sebagian besar orang dewasa. Untuk kamar mandi yang digunakan oleh anak-anak, Anda dapat memilih wastafel dengan tinggi yang lebih rendah, sekitar 60-70 cm.

Baca juga: Cara Memilih Ukuran Wastafel Terbaik yang Ideal Berdasarkan Jenis Wastafel

Material yang Digunakan dalam Wastafel Cuci Tangan

Salah memilih material yang digunakan wastafel bisa berakibat fatal. Selain tidak akan nyaman digunakan karena bukan selera Anda, ketidakserasian dalam penempatan di ruangan akan menimbulkan masalah baik cepat atau lambat. Seperti wastafel cepat kotor, beberapa bagian rusak, dan sulit dibersihkan. Berikut ada tiga pilihan material yang banyak digunakan masyarakat.

Marmer

Marmer merupakan pilihan material yang elegan dan mewah untuk wastafel cuci tangan. Kelebihan dari marmer adalah keindahan dan keunikan polanya yang alami, sehingga memberikan tampilan yang mewah dan eksklusif pada kamar mandi. 

Marmer juga memiliki ketahanan terhadap panas dan air yang baik, serta mudah dibersihkan. Namun, marmer cenderung membutuhkan perawatan khusus dan dapat lebih rentan terhadap noda dan goresan.

Keramik

Keramik adalah pilihan material yang populer dan sering digunakan dalam pembuatan wastafel cuci tangan. Kelebihan dari keramik adalah daya tahan yang baik terhadap air, panas, dan goresan. 

Keramik juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan desain, sehingga memberikan fleksibilitas dalam menciptakan tampilan kamar mandi yang sesuai dengan gaya Anda. Selain itu, keramik mudah dibersihkan dan membutuhkan perawatan yang minimal.

Stainless steel

Stainless steel adalah pilihan material yang kuat, tahan lama, dan mudah dalam perawatannya. Kelebihan dari stainless steel adalah ketahanan terhadap air, panas, dan korosi. Wastafel cuci tangan dari stainless steel juga memiliki tampilan yang modern dan bersih, serta dapat dengan mudah dipadukan dengan desain kamar mandi yang minimalis. 

Namun, stainless steel dapat rentan terhadap goresan dan noda, sehingga perlu perawatan yang hati-hati untuk menjaganya tetap terlihat baik.

Aksesori Pendukung Wastafel

Masalah pada tuas kran adalah masalah umum yang paling sering terjadi. Begitu juga dengan cepat rusaknya cermin dan meja yang tak sesuai. Sebelum hal tersebut terjadi, simak tips berikut.

Memilih kran wastafel yang tepat

Pilih kran yang sesuai dengan desain keseluruhan kamar mandi Anda, apakah itu gaya minimalis, vintage, atau modern. Pastikan pilihan desain kran tersebut juga konsisten dengan desain wastafel yang Anda pilih.

Perhatikan juga fitur kran seperti perlindungan terhadap percikan air, perlindungan terhadap panas, atau perlindungan terhadap kebocoran. Pilih kran yang terbuat dari bahan berkualitas dan tahan lama, seperti stainless steel atau logam berkualitas tinggi. 

Pastikan juga kran wastafel Anda memenuhi standar keamanan dan memiliki sertifikasi yang diperlukan. Anda bisa memilih kran wastafel berkualitas dari UNNU yang memiliki cartridge kuningan kualitas tinggi dan tahan lama.

Pentingnya memilih cermin dinding yang cocok

Sesuaikan ukuran cermin dengan ukuran wastafel dan ruang kamar mandi. Untuk desain cermin, Anda dapat memilih cermin dengan bingkai atau tanpa bingkai, tergantung pada gaya yang Anda inginkan. 

Pastikan cermin memberikan sudut pandang yang baik dan refleksi yang jelas sehingga Anda bisa bercermin dengan nyaman.

Meja yang pas untuk menambah estetika kamar mandi

Pilih meja dengan ukuran yang tidak mengganggu keleluasaan Anda dalam bergerak di ruangan. Pilih juga meja yang tahan air dan tahan lama sekaligus mudah dibersihkan.

Meja dengan penyimpanan tambahan, seperti laci atau rak, berguna untuk menyimpan perlengkapan mandi dan aksesori lainnya.

Penggunaan wastafel cuci tangan terlihat sepele namun ternyata penting untuk digunakan di rumah terutama kamar mandi. Pemilihan aksesori wastafel seperti kran, dan aksesori lainnya bisa dilihat di UNNU

Jadi jangan salah memilih wastafel cuci tangan ya. Cari yang benar-benar sesuai kebutuhan juga keinginan dengan selalu memperhatikan aspek kualitas.