Setiap bangunan rumah tentunya dilengkapi dengan dapur untuk dijadikan tempat beraktivitas memasak. Tapi apakah Anda sudah tahu jika ada 2 tipe dapur saat ini yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Apa sih yang membedakan diantara keduanya? Yuk simak penjelasannya agar Anda semakin paham bagaimana cara membedakan 2 tipe dapur tersebut.

Pengertian Dapur Bersih dan Dapur Kotor

Contoh Gambar Dapur Bersih

Contoh Gambar Dapur Bersih

Dapur bersih adalah jenis dapur yang sering dijadikan sebagai titik fokus di bagian ruang keluarga atau ruang makan. Dapur bersih ini umumnya digunakan untuk melakukan aktivitas ringan seperti menyajikan minuman, cemilan dan juga menyiapkan olahan makanan yang akan disantap bersama dengan keluarga atau tamu.

Sedangkan untuk dapur kotor adalah dapur yang digunakan untuk melakukan kegiatan memasak yang lebih kompleks. Dapur kotor juga biasanya diletakkan di ruang yang lebih tersembunyi atau di belakang. Hal tersebut dilakukan agar tamu yang datang tidak merasa terganggu dengan kondisi dapur yang berantakan.

Perbedaan Fungsi Dapur Bersih dan Dapur Kotor

contoh gambar dapur kotor

contoh gambar dapur kotor

Jika dilihat dari segi fungsinya, dapur kotor lebih sering digunakan untuk jenis aktivitas berat. Inilah mengapa dapur kotor di desain dengan gaya yang mengedepankan fungsional. Terdapat kriteria khusus yang harus dipenuhi ketika membuat desain dapur kotor terutama terkait dengan tempat cuci piring, penyimpanan, tempat masak dan penyajiannya.

Sedangkan dapur yang bersih digunakan untuk aktivitas ringan dengan desain ruangan lebih kecil atau minimalis. Desain dari dapur bersih ini umumnya mengutamakan aspek estetika karena letaknya berada di tengah rumah dan langsung dapat dilihat oleh tamu yang datang. 

Perbedaan Peralatan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

Jenis peralatan yang harus ada di dapur kotor yaitu berupa wajan, panci, kompor dan sebagainya. Pastikan bahwa sirkulasi udara di dapur kotor diperhatikan dengan baik. Jangan lupa untuk menambahkan ruang penyimpanan bahan makanan di dapur kotor. Kemudian untuk peralatan yang ada di dapur bersih yaitu seperti kulkas dan alat – alat makan yang bersih.

Perbedaan Area Penyimpanan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

Anda perlu mengetahui bahwa area penyimpanan di dapur yang kotor memerlukan penyimpanan untuk menyimpan alat – alat memasak seperti blender, oven dan sebagainya. Jadi Anda perlu menyediakan meja dapur, lemari dan rak. Sedangkan alat penyimpanan di dapur yang bersih lebih membutuhkan alat penyimpanan yang lebih kecil dan estetik.

Ide Desain Dapur Bersih Minimalis

Lokasi dari dapur bersih ini berada di depan dapur kotor dengan desain ruangan yang cantik dan estetik. Tambahkan tanaman hias atau furniture hiasan lainnya untuk memberikan mendapatkan dekorasi yang menarik.

Ide Desain Dapur Kotor Minimalis

Ciptakan sirkulasi udara yang baik di kawasan dapur kotor ini agar asap yang dihasilkan dari memasak tidak menumpuk di dalam ruangan. Gunakan material yang tahan api dan lantai anti slip agar aktivitas memasak lebih aman dan nyaman.

Tips Membuat Dapur Bersih dan Dapur Kotor

1. Kelolalah ruang dapur dengan baik

Tatalah interior dapur ini dengan baik dan nyaman agar proses memasak bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan. Lakukan pemilihan dan penataan peralatan dengan rapi. Gunakan model dapur minimalis yang memberikan kesan mewah dan elegan agar dapur terlihat cantik. Mengelola ruangan memang menjadi titik terpenting untuk memperoleh kenyamanan.

2. Pilihlah peralatan yang tepat

Peralatan yang digunakan di dapur perlu mengutamakan nilai fungsionalnya. Pemilihan bisa dilakukan dengan pertimbangan khusus seperti disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa memilih produk dari UNNU yang memiliki kualitas unggulan dan terpercaya seperti kran dapur dan lainnya. Segala bentuk perlengkapan dapur bisa didapatkan dengan mudah dan tentunya berkualitas.

Segala produk yang dimiliki UNNU memiliki kelebihan seperti tahan lama, memenuhi standar kualitas produk dan tampilannya estetik. Hal tersebut tentunya akan mendukung desain ruangan anda yang terlihat semakin menarik. Jadi pastikan untuk menjaga kebersihan ruangan agar tetap bisa nyaman dalam menyelesaikan aktivitas memasak

3. Jagalah kebersihan dapur

Menjaga kebersihan dapur menjadi poin penting untuk perawatan dapur yang estetik. Pastikan Anda membersihkan segala peralatan setelah memasak. Membersihkan wastafel menggunakan sabun dan air bersih juga perlu dilakukan. Pastikan bahwa meja wastafel selalu dalam kondisi yang bersih tanpa minyak atau jenis kotoran lainnya. 

Selanjutnya, bersihkan juga sisa sayuran atau kulit bawang dan rempah rempah. Semua perlu dilakukan dengan benar agar dapur selalu dalam kondisi yang bersih. Setelah dicuci, kembalikan perabotan ke tempat penyimpanannya masing masing. Itulah tips membuat dapur bersih dan juga kotor untuk dekorasi rumah yang lebih nyaman.

Memahami dan mengikuti tips yang disebutkan diatas tentunya menjadi nilai keunggulan tersendiri bagi Anda yang hendak membuat desain dapur kotor dan bersih. Menciptakan desain ruangan dapur yang nyaman tentunya akan membuat siapa saja merasa senang melakukan aktivitas memasak di dapur. Jangan lupa juga untuk menggunakan produk dari UNNU sebagai pelengkap terbaik kebutuhan dapur rumah tangga Anda.